Selasa, 20 April 2010

WAYANG KULIT DI MUSEUM BALI

Wayang Kulit Bali koleksi Museum Bali kurang begitu jelas usianya sudah berapa tahun, karena tidak ada informasi yang menerangkannya. Petugas museum yang saya tanya, juga kurang begitu paham mengenai wayang. Klop sudah. Wayang yang ada di museum adalah sebagai berikut:

1. BIMA : Salah satu ksatria dalam Pandawa Lima yang paling perkasa. Bima dilahirkan dalam keadaan bungkus dan yang berhasil dibuka oleh Gajah Sena, yang kemudian di hajar oleh Bima, sehingga namanya menjadi BIMASENA.
















2. DURYUDANA atau SUYUDANA : Adalah Raja di Astina yang mengambil hak pemerintahan dari ayahnya Raja Destarastra, untuk sementara sambil menunggu putra-putra Pandu Dewanata dewasa. Tapi setelah Pandawa dewasa, malah berpikir untuk menyingkirkan Pandawa















3. TWALEN: adalah pengasuh ksatria keturunan Dewa. Sebenarnya adalah penjelmaan Batara Ismaya (Di Jawa disebut SEMAR)
















4. MERDAH: adalah pasangan TWALEN


















5. DELEM : adalah pengasuh para KURAWA


















6. SANGUT: Pasangan dari DELEM



















7. RAMAWIJAYA : adalah tokoh sentral dalam Epos Ramayana, yang merupakan titisan Batara Wisnu


















8. LESMANA: adalah adik dari Ramawijaya


















9. RAHWANA: adalah tokoh jahat dalam Epos Ramayana


















10. KUMBAKARNA : adalah adik dari RAHWANA, yang menjadi pahlawan negeri Alengka atas keberaniannya membangkang perintah dari kakaknya yang berbuat salah. Dan kematian Kumbakarna di perang besar Alengka adalah untuk membela negara bukan membela angkara















11. ANOMAN: adalah kera sakti yang merupakan putera Batara Bayu dengan Dewi Anjani. Sangat sakti dan kehidupannya panjang hingga ke jaman Mahabharata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar